Fungsi Thermostat : Cara Kerja dan Perawatannya
Umum

Fungsi Thermostat : Cara Kerja dan Perawatannya

Pelajari cara kerja termostat dan fungsi komponen ini

Fungsi Thermostat : Cara Kerja dan Perawatannya

Cara Kerja Termostat – Termostat merupakan komponen yang sangat penting dalam sistem pendingin mesin. Komponen yang satu ini memiliki bentuk katup yang terbuat dari dua jenis logam yang berbeda yang ketika suhu di atas suhu kerja terlampaui akan membuka katup itu dan menutup kembali ketika suhu mesin dingin kembali (kembali ke suhu kerja). harus dilengkapi dengan komponen-komponen kecil ini untuk menjaga suhu kerja motor yang optimal, tetapi jika suhu motor tidak dalam rangkaian suhu kerja, yang suhunya antara 85 dan 90 derajat Celcius, kinerja motor itu sendiri tidak akan baik. .
Fungsi termostat pada mesin mobil
Foto: vrmaritime.net

Komponen termostat sendiri memiliki fungsi katup buka tutup secara otomatis, yang mengatur sirkulasi antara air panas di kompartemen mesin dan air dingin di gril depan sesuai dengan suhu mesin, sehingga suhu operasi mesin tetap stabil, sehingga tenaga mesin yang dihasilkan menjadi besar, dan mesin mobil tentunya tidak overheat.
Viral: Porsche Macan 2.0 Harus Pakai Performa Menawan
Cara kerja termostat

Cara kerja thermostat sendiri untuk membuka katup ketika suhu air pendingin atau coolant pada mesin sudah mencapai suhu operasi antara 85 sampai 90 derajat Celcius. Ini berarti katup termostatik menutup kembali secara otomatis ketika suhu mesin telah turun. Oleh karena itu keberadaan komponen yang satu ini menjadi penting, jika komponen ini dilepas atau tidak dipasang maka suhu kerja mesin tidak akan tercapai, sehingga proses pendinginan mesin akan berkurang. Dan ketika mobil mulai berjalan dengan kecepatan tinggi, mesin langsung menjadi terlalu panas, dan lamanya mesin tidak pernah mencapai suhu operasi menyebabkan kinerja mesin menjadi lamban dan pemborosan bahan bakar. Jadi harap selalu ingat untuk tidak pernah melepas termostat.
Viral: Inilah Spesifikasi Menarik Rolls Royce Ghost
sirkuit pendingin mesin

Saat pertama kali mesin kendaraan dihidupkan, suhu kerja mesin ini masih rendah karena suhunya masih sedingin suhu ruangan, yaitu sekitar 23-25 ​​derajat Celcius. Dan air pendingin di mesin kendaraan bersirkulasi dengan bantuan pompa air dan terus berputar dari mesin melalui selang bypass ke pompa air dan seterusnya sampai suhu benar-benar mencapai suhu kerja. Setelah mesin mencapai temperatur operasi dan agar mesin tidak overheat, thermostat bekerja sedemikian rupa sehingga katup thermostatic terbuka secara otomatis dan mengarahkan air panas di blok mesin ke radiator untuk didinginkan, sedangkan air dingin dari radiator dimasukkan ke blog mesin untuk mendinginkan mesin agar dingin.

Sumber :